Hama Pohon Vanili Yang Paling Ganas

Saya sekeluarga memulai budidaya vanili sekitar tahun 90 an. Kebun kami sederhana namun selalu kami perbaiki kualitasnya dari tahun ke tahun.

Dari model tanam dengan media lubang diisi dedaunan kering + rumput kering, hingga saat ini menjadi kebun model agak rapi dalam susuan lajur genting bekas.

Hama paling ganas pohon vanili adalah ayam! Jangan remehkan ternak yg lezat satu ini.

Ayam akan mencari serangga, rayap, cacing, dll yg disangkanya ada di dalam media tanam vanili. Cakarnya akan menghancurkan/melukai/memutus akar vanili.

Memang, vanili tidak akan mati karena hal itu tetapi vanili akan berhenti tumbuh; layu, mengering, tidak berbunga, dan stress berat. Vanili baru akan sembuh lagi saat pohonnya membuat akar baru di musim penghujan kelak.

Ini sangat merugikan petani vanili karena rugi kehilangan waktu.

Bunga vanili semestinya muncul di musim kemarau dgn syarat pohon vanili sudah berumur lebih 1 tahu, akar kokoh, asupan nutrisi cukup, air cukup, kelembaban cukup, dan naungan yg memadai. Hanya gegara ayam maka hal itu akan gagal.

Bunga vanili sejak mekar, dikawinkan (polinasi), hingga menjadi buah siap panen membutuhkan waktu paling cepat 9 bulan dan yg terbaik adalah 11 bulan.

Silakan tonton video yg kami buat di kebun kami di tautan youtube berikut ini:

(umur pohon hingga pada Oktober 2020 beragam dari mulai pohon vanili umur 1 bulan hingga 2 tahun) 










Comments

Vanili

Tutorial Membuat Kloset Jongkok (Tutorial Kloset Jongkok Semen)

Lokasi ATM Setor Tunai di kota Pati

Cara Membuat Kloset Jongkok Ramah Anak