Cara Membuat Kloset Jongkok Ramah Anak









Terkesan sederhana bukan? Hanya Kloset.
Pun demikian, sanitasi sehat untuk masyarakat sangat didukung oleh kegiatan membuat kloset oleh wirausaha yang ada di masyarakat sendiri.

Menciptakan rasa nyaman kepada anak umur mulai 2,5 tahun pada saat buang air kecil maupun BAB adalah hal wajib dilakukan oleh orang dewasa.

Terobosan yang dilakukan pertama kali oleh tim kreatif Plan Indonesia di Grobogan; pak M. Izzudin dan Sigid Cahyono bersama tim Paguyuban Pengusaha Sanitasi Grobogan di Kab. Grobogan Jawa Tengah pada tahun 2012 ini telah mendapatkan penghargaan nasional pada saat KSAN.

Kloset ramah anak ini memiliki lebar pijakan hanya 12 Cm yang sangat nyaman digunakan oleh anask usia 2,5 tahun hingga orang dewasa.

Total modal pembuatan kloset ini hanyalah kisaran Rp. 30.000 hingga Rp. 45.000 per buah. (tergantung harga material lokal).

Di Kec. Bulok, Kab. Tanggamus, Lampung saat ini, para pengusaha sanitasi mengembangkan pembuatan kloset ramah anak dengan memberikan gambar dengan Air Brush untuk menarik minat para pembeli. (Harga kloset polos tanpa gambar adalah Rp. 50.000 dan kalau meminta gambar atau motif lain hanya cukup menambahkan Rp. 15.000 hingga Rp. 25.000 saja).


Total penjualan kloset (umum maupun ramah anak) pertengahan 2015 hingga awal 2016 ini sudah mencapai 10.000 buah. Pembeli utama adalah masyarakat perdesaan dan sekolah-sekolah maupun TNI.

Bahan pembuat kloset ini adalah bahan beton biasa (pasir halus, pasir kasar, kapur halus, semen PC, cat minyak merk U-Pox, thinner dan hardener maupun clear agar permukaan cat tidak lecet.

Vidoe tutorial sederhana pembuatan kloset yang dirilis oleh Dinkes Kabupaten Tanggamus bisa dilihat di youtube dengan link:

Klik disini untuk menonton dan mendownload video tutorial kami di Youtube:
1. Cara Membuat Kloset Jongkok berkualitas dan murah

2. Model cetakan cincin beton untuk membuat septictank murah

3. Cara membuat septictank murah dan mudah serta sehat

Bagi yang berminat untuk membeli CETAKAN KLOSET JONGKOK bahan Fiberglass silakan membeli via online di toko online, silakan klik link ini --> Jual Cetakan Kloset Jongkok Bahan Fiberglass Kuat

Membeli di toko online kami dijamin keamanan dan kenyamanan karena ada pihak penjamin dan kurir. Ketika pembeli melakukan transaksi dan melakukan pembayaran maka uang yang dibayarkan tidak langsung kami terima. Dana tersebut akan tersimpan di bank Bukalapak.com, dana baru akan kami terima setelah kami mendapatkan laporan dari: 
  1. Jasa kurir yang dipilih pembeli menyatakan barang sudah sampai
  2. Pembeli menyatakan bahwa barang sesuai dengan pesanan (klik di akun bukalapak pembeli)

Paguyuban Wirausaha di Kabupaten Tanggamus, Lampung terdiri dari Pappsibu (Paguyuban Penggiat dan Pengusaha Sanitasi Bulok) dan Pappsigulip (Paguyuban Penggiat dan Pengusaha Sanitasi Gunung Alip) tergabung dalam PAPPSITA (Paguyuban Penggiat dan Pengusaha Tanggamus).

Kami juga melayani training pemicuan STBM metode CLTS, training pembuatan kloset, training pembuatan cetakan kloset berbahan fiber glass, dan training pembuatan septictank sehat murah.

Bagi yang berminat mengadakan training untuk usaha atau untuk masyarakat, bisa menghubungi kami di email: paksigid@gmail.com

Kami juga siap membantu membuatkan ToR atau Kerangka Acuan Kegiatan untuk Anda.

Informasi lebih lanjut akan kami unggah lagi segera.

Silakan menghubungi kami di:
Nama Penanggungjawab: Cahyo
alamat email: udronggolo@gmail.com
telp/WA: +62 858 66 909 838
penjualan online:

  1. Tokopedia 
  2. Bukalapak

Video Tutorial Lengkap & Produk di Youtube; nama Channel adalah: Bakul Kloset

Silakan klik disini -->  Video Tutorial untuk melihat Channel kami di Youtube.
(Mohon jangan lupa klik tombol SUBSCRIBE bila sudah masuk di Youtube kami)







MENARIK KAN?





Comments

Vanili

Tutorial Membuat Kloset Jongkok (Tutorial Kloset Jongkok Semen)

Lokasi ATM Setor Tunai di kota Pati